Sabtu, 17 Desember 2011

SIG (Sistem Informasi Geografi)


SIG (Sistem Informasi Geografi)
Kita ketahui di zaman yang modern seperti sekarang, perkembangan teknologi informasi (TI) sangat berkembang pesat. Setiap manusia bisa mendapatkan informasi dengan mudah hanya menggunakan basis data (database) yang telah tersedia. Selain itu, seperti yang sudah saya jelaskan didua atrikel sebelumnya artikel NCBI dan Bioinformatika. Bahwa kedua artikel tersebut sangat berkaitan erat dengan TI, seperti halnya SIG yang akan saya bahas kali ini. Untuk mengetahui seberapa dekat SIG dengan TI, silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Gambar 1. Alur SIG (Sistem Informasi Geografi)
SIG adalah adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang bereferensi spasial atau berkoordinat geografi atau dengan kata lain suatu SIG adalah suatu sistem basis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keruangan (spasial) bersamaan dengan seperangkat operasi kerja (Barus dan Wiradisastra, 2000). Sedangkan menurut Anon (2001) Sistem Informasi geografi adalah suatu sistem Informasi yang dapat memadukan antara data grafis (spasial) dengan data teks (atribut) objek yang dihubungkan secara geogrfis di bumi (georeference). Disamping itu, SIG juga dapat menggabungkan data, mengatur data dan melakukan analisis data yang akhirnya akan menghasilkan keluaran yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan pada masalah yang berhubungan dengan geografi.
Sistem informasi Geografis dibagi 2 kelompok:
1. sistem analog
2. sistem digital
Tujuan pokok dari pemanfaatan Sistem Informasi Geografis adalah untuk mempermudah mendapatkan informasi yang telah diolah dan tersimpan sebagai atribut suatu lokasi atau obyek.
Berdasarkan sekilas pengetahuan mengenai SIG, dapat disimpulkan bahwa SIG sangat berkaitan erat dengan TI. Seperti pengertiannya, SIG merupakan suatu sistem informasi  atau basis data, 2 sistem informasi analog dan digital, dan berdasarkan tujuannya adalah mempermudah mendapatkan informasi.
Dari kata demi kata yang telah saya bold sudah dapat mewakili, bahwa SIG merupakan bagian dari Teknologi Informasi (TI) yang berkaitan sangat erat.

Sedangkan kaitanya dengan bidang perikanan, SIG juga sangat erat kaitanya seperti;
Menentukan suatu wilayah budidaya;
Menentukan daerah penangkapan; dan
Menentukan topografi suatu wilayah budidaya.

Sumber Artikel klik disini.

Semoga bermanfaat.
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 komentar:

Posting Komentar