Selasa, 15 November 2011

Memperdalam Bioinformatika

Bioinformatika telah sedikit saya ulas pada postingan sebelumnya, dengan judul Artikel NCBI. Dimana dalam artikel tersebut saya jelaskan mengenai pengertian bioinformatika. Meskipun tidak mendetail tapi cukup untuk mengetahui, "Apa si bioinformatika itu?".

Pengertian bioinformatika pada postingan sebelumnya:
“Bioinformatika adalah ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika, dan informatika untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya. Contoh topik utama bidang ini meliputi basis data untuk mengelola informasi biologis, penyejajaran sekuens (sequence alignment), prediksi struktur untuk meramalkan bentuk struktur protein maupun struktur sekunder RNA, analisis filogenetik, dan analisis ekspresi gen.

Sedikit gambaran atau skema bioinformatika untuk menyederhanakan arti dari bioinformatika itu sendiri dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Gambar 1. Skema atau cara kerja bioinformatika
Dalam ringkasan ini saya akan ulas lebih detail mengenai bioinformatika, khususnya yang berkaitan dengan bidang ilmu yang saya tekuni saat ini yaitu Perikanan.
Makalah ilmiah yang saya bahas kali ini mengenai "analisa mikroba laut yang terdapat di Indonesia dengan menggunakan pendekatan metagenomik dan bioinformatika".
Dua pendekatan yang dilakukan bukan merupakan pendekatan pembanding, untuk menentukan manakah pendekatan yang terbaik untuk menganalisa mikroba laut?
Tapi, pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan yang saling terkait satu dengan yang lainnya. Jadi setelah menggunakan pendekatan metagenomik, pendekatan lanjutan untuk menyempurnakan kegiatan ilmiah itu dilakukan pendekatan secara bioinformatika.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ringkasan tersebut, teman-teman dapat membacanya di sini dan untuk mendapatkan makalah aslinya dapat diklik di sini. Selain itu teman-teman juga dapat mengetahui aplikasi bioinformatika yang digunakan dalam berbagai macam kegiatatn dengan men-download berbagai macam jurnal bioinformatika di sini.


Mari kita sukseskan Perikanan Indonesia dengan Bioinformatika.
Siapalagi yang peduli?

Jika bukan dari diri kita sendiri sebagai masyarakat Perikanan.
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 komentar:

Posting Komentar