Minggu, 01 Januari 2012

Lagi - lagi Bioinformatika

Bioinformatika kembali lagi saya ulas, ini merupakan ulasan bioinformatika yang ke-3 setelah sebelumnya saya menulis mengenai Artikel NCBI dan Memperdalam Bioinformatika. Serasa tidak ada habisnya ketika kita harus membahas ilmu pengetahuan yang semakin hari semakin berkembang, seperti halnya dengan Perikanan Budidaya.

Metode yang diterapkan dalam Perikanan Budidaya semakin modern "intensif" maka masalah yang akan menghampiri akan semakin kompleks. Seperti halnya saat ini, munculnya tambak-tambak modern yang menerapkan sistem budidaya intensif bahkan hingga super intensif membuat keseimbangaan lingkungan disekitar tambak semakin menurun. Karena perkembangan sektor budidaya yang dilakukan tidak dibarengi dengan manajemen tata lingkungan sekitar area budidaya. Hal tersebut yang nantinya akan menimbulkan masalah baru dalam perikanan, seperti munculnya penyakit-penyakit yang baru akibat bakteri atau virus yang mengalami mutasi gen akibat kondisi lingkungan yang berubah drastis.

Bakteri dan virus yang persifat patogenik yang muncul akibat perubahan lingkungan akan menjadi ancaman, karena belum ditemukan serum atau cara untuk mengatasi bakteri dan virus tersebut. Sehingga perlu dilakukan penelitian baru untuk mengetahui cara penanganan penyakit yang baru itu. Penelitian tersebut akan membutuhkan biaya yang besar karena untuk mengetahui morfologi virus harus menggunakan mikroskop elektron yang harganya sangat mahal. Selain itu, untuk mengidentifikasinya harus melakukan isolasi untuk mengkultur virus itu sendiri. Isolasi dan mengkulur virus bukanlah tindakan yang mudah karena tidak semua virus dapat dikultur.
Gambar 1. Gambaran mengenai bagian-bagian Bioinformatika
 
Perkembangan ilmu pengetahuaan saat ini melahirkan Bioinformatika sebagai solusi masalah tersebut. Dengan kemajuan teknik isolasi DNA/RNA tidak perlu mengisolasi virus, kerena cukup dengan sekuensing gen saja. kita dapat mengetahui jenis virus tersebut. Hal tersebut merupakan kemajuan Bioinformatika yang nyata dalam bidang virologi.

Lebih jelasnya bagi teman-teman yang merasa penasaran bagaimana Bioinformatika bisa berperan penting dalam bidang virologi yang nantinya bisa diterapkan dalam dunia Perikanan Budidaya dapat mendowload bahan bacaan disini. Selain membahas aplikasi bioinformatika dalam dunia virologi, bahan bacaan tersebut akan membahas antara lain; khusus dalam klasifikasi virus, penentuan tingkat mutasi, prediksi rekombinasi, serta prediksi bagian antigen (antigenic sites) yang ada pada permukaan virus.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian.
Mari majukan Perikanan Indonesia, siapa lagi jika bukan kita?
Olá! Se você ainda não assinou, assine nosso RSS feed e receba nossas atualizações por email, ou siga nos no Twitter.
Nome: Email:

0 komentar:

Posting Komentar